Senin, 24 Desember 2012

Keluarga besar KUD Soliamitra

Mini Market Soliamitra masuk dalam keluarga besar KUD Soliamitra. Karena MM Soliamitra adalah salah satu unit dari unit-unit usaha KUD (Koperasi Unit Desa) Soliamitra.
Unit-unit yang lain tidak kalah bergengsi dibanding unit mini market ini. Seperti unit bengkel motor Suzuki yang tampil keren . Unit Simpan pinjam, Unit kelistrikan yang berkembang pesat sehingga merajai kota Depok berkat kerjasamanya yang semakin intensif dengan PLN Depok, juga PLN Jakarta.
Dan yang paling baru dibentuknya PT SSeraya sebagai unit baru untuk menangani berbagai kontrak kerja dengan kalangan pemerintah maupun swasta.
Semua itu membawa kemajuan yang besar bagi KUD Soliamitra.

Keberhasilan ini membawa kebahagiaan bagi semua yang bernaung di KUD Soliamitra, termasuk semua karyawan unit yang notabene juga sebagai anggota koperasi Soliamitra.
Keberhasilan KUD Soliamitra yang sangat mengagumkan ini dibawah kepimimpinan ketuanya yaitu bapak H.Mohamad HB, SE.  yang membawa posisi KUD Soliamitra menjadi satu dari empat koperasi terbaik di Kota Depok (Th 2009) Dengan usia yang masih muda dan energetik, banyak terobosan dan pengembangan dilakukan selama kepemimpinannya yang 2 periode. Bisa dikatakan kemajuan KUD begitu spektakuler (menakjubkan).

Patutlah ini semua disyukuri.
Mengingat kenangan bagaimana dulu  sulitnya merintis Koperasi Soliamitra, yang terbayang adalah usaha yang keras, tak kenal lelah, penuh keprihatinan dan kesedihan yang sering membuahkan air mata.
Bagaimana seringnya di Rapat Minggon, rapat yang dihadiri para lurah se kecamatan, banyak peserta rapat yang  menyindir kami habis-habisan dan menolak ketika kami mensosialisasikan pentingnya ada koperasi.
Mereka mengatakan Koperasi itu Kopernya di isi (terus pengurusnya lari). Cemoohan itu sebenarnya bisa dimaklumi mengingat sebelumnya ada yang berinisiatif membentuk koperasi, tapi setelah uang terkumpul lalu dibawa pergi.Tapi bagaimanapun cemoohan itu terasa menyakitkan dan menjatuhkan mental.
Hampir saja kami menyerah.......

Juga bagaimana ketika kami harus berkali-kali, bolak balik ke PLN untuk memohon agar PLN mau   bekerjasama dengan kami/ koperasi dalam hal pembayaran listrik. Kami sering harus menahan hati. Citra koperasi yang sudah terlanjur jelek, sehingga KUD Soliamitrapun pasti diragukan ke sungguhannya/dan kejujurannya.
Menahan hati dan air mata bukan hanya karena susahnya untuk bisa menghadap pak kepala PLN, tapi yang sering justru perlakuan para Satpam nya yang sering membuat kami seperti merasa terusir.
Hampir saja kami menyerah........

Adanya ikatan rasa kekeluargaan yang kental diantara kami, pengurus dan karyawan KUD Soliamitra yang waktu itu hanya 6 orang.
Adanya keinginan yang kuat agar bisa membangun suatu kegiatan yang produktif.
Adanya kesadaran bahwa suatu cita-cita haruslah diperjuangkan dengan se kuat-kuatnya dan keprihatinan harus dilalui dengan semangat.
Pada waktu itu setiap karyawan sehari hanya bisa mendapatkan sebungkus indomie  diterima dengan senang hati.
Perjuangan itu akhirnya membuahkan hasil !

Terjalin kerjasama dengan PLN, baik dengan PLN Depok maupun PLN Jakarta.
Kemudian terbentuknya mini market Soliamitra sesudah mengikuti pelatihan yang diadakan Departemen Koperasi pusat ( 17 tahun yang lalu.)

Semua itu membuat KUD Soliamitra menjadi KUD yang  menghapus tuduhan bahwa asal koperasi pasti korupsi, bubar dan pengurusnya lari.
KUD Soliamitra cermin KUD yang amanah. Baik pengurus maupun karyawannya berusaha agar KUD Soliamitra bisa memberikan manfaat yang besar bukan saja untuk karyawan, dan anggota tapi juga untuk masyarakat.
Atas perintisan itu Ibu Hj Ratna Marsoedi sebagai salah seorang pendiri dan ketua pertama KUD Soliamitra mendapat penghargaan dari pemkot Depok.
Demikian juga penerus ketua berikutnya Bp H.Mohamad HB, SE yang sebelumnya adalah karyawan KUD Soliamitra, menjadi ketua dan mendapat penghargaan dari Pemkot Depok karena didalam kepemimpinannya mampu membawa KUD Soliamitra menjadi satu dari empat koperasi terbaik di kota Depok.

Sungguh luarbiasa ! Dari semula jumlah karyawan hanya 6 orang, sekarang memperkerjakan hampir 100 karyawan.

Semoga langgeng KUD Soliamitra. !!


Bu Ratna dengan 6 orang karyawannya
( Cikal bakal KUD Soliamitra)-Th 1994


Ibu Ratna menerima penghargaan sebagai perintis/tokoh koperasi
Bp Mohamad menerima penghargaan sebagai ketua KUD terbaik se kota Depok
( Tahun 2009)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar